Langsung ke konten utama

Curhatan Anak Baru


Aku si anak baru

"Namanya mirip-mirip kayak orang yang lahir di Jawa aja, Susanto. Aku panggil Santo aja ah" dalam hatiku sambil melihat si Santo yang baru aja masuk kelas dari kantin bakso.
"Hufff.... baru aja jadi anak baru, eh udah dikerjain", gumamku sambil tarik nafas dalam-dalam.
Eh, memangnya siapa yang anak baru?? aku loh bukan Santo yang sok kenal itu. Tapi lucu juga sih...niat hati ngerjain aku, eh dia yang kena jebakannya sendiri. Emang enak ?? hahaha... Untung ada si Nungky, temen baru, penyelamatku yang saat itu mengingatkanku untuk segera masuk kelas. 
Ahay... Tuhan memang selalu baik sama orang baik, seperti aku (dalam hati), mungkin Tuhan menggumam, "PD amat kamu ini Na". 

Perkenalkan, namaku Setiana. Kali ini adalah perkenalan yang sukses dengan teman-teman baruku. Memangnya kenapa?? Karena tidak ada yang menambahkan nama ku dengan awalan Mas. Biasanya, setiap kali aku memperkenalkan diri pasti banyak yang terkejut karena ternyata si empunya nama adalah perempuan, nasib. Eh, tapi dari kejadian-kejadian itulah yang membuatku terkenal dan mudah diingat orang.

Hari ini adalah hari pertamaku menjadi siswa baru di SMA Leguneral, sekolah yang terkenal dengan siswa-siswinya yang kreatif dan banyak anak-anak di sekolah ini yang menjadi blogger, youtuber, dan conten creator. 

"Hai.. ngelamunin apa sih?', sapa teman baruku yang aku belum tahu namanya. 
"e e eh..nggak, nggak kok" jawabku cengar-cengir sambil memegang dadaku karena kaget. 
"Kenalin, aku Rita. Kita satu kelas, dan kamu duduk di depanku" sambil menepuk bahuku. 
"Oya, aku Nana" jawabku singkat. 
Sambil menarik tasku, Rita mengajakku untuk duduk di kursi ruang tunggu jemputan abang ojek online.   
"Aku perhatiin kamu tadi ngelamunin apa sih? entar kemasukan loh. ha ha ha..."sambil tertawa ngakak, Rita bertanya kepadaku. 
Untuk menjawab rasa penasaranku tentang berita kerennya sekolah ini, maka aku beranikan diri untuk bertanya ke Rita. "emang bener ya, SMA Leguneral ini banyak blogger sama youtubernya?". 
"Ha ha ha...ya begitulah.. keren kan. Nah..nah..anak yang di sana itu..namanya Santo, dia blogger terkenal tuh. Konten bloggernya yang jahil itulah yang bikin dia terkenal.."jelas Rita. 
"Nah...kalo yang barusan nepuk bahu si Santo itu, itu namanya Brian, itu lebih terkenal lagi tuh.." lanjut Rita. Dengan seriusnya dan tanpa jeda, si Rita menceritakan kerennya anak-anak SMA Leguneral.
Aku hanya bengong sambil pandangan mataku mengikuti arah jari telunjuk si Rita. 
"Ah...keren sekali mereka". gumamku pelan sambil mengalihkan pandanganku ke foto-foto yang menempel di sepanjang dinding lobby sekolah. 
Dan pandangan mataku terhenti pada sebuah bingkai foto yang besar. Dalam hatiku, "rasa-rasanya wajah anak itu nggak asing..". Aku lihat baik-baik wajah siswa itu, dan....
"Astagaaaa...itu kamu Rita?? Wuihh... you're so cool. OMGGG..." suara asliku yang nyaring dan melengking keluar juga. 
"Kamu.... Juara 1 lomba blogger tahun 2022" aku baca keras-keras di depan Rita. 
"Ah...itu mah karena pintu rejekiku lagi dibuka sama Tuhan, makanya aku juara", jawab Rita sambil merendah. 
Gila ya...kenapa setiap siswa berprestasi yang aku temui di sekolah ini tidak sombong, mereka malah secara tidak langsung mengajariku bagaimana bersikap ramah dan rendah hati dengan caranya masing-masing. Bersyukur sekali aku bisa berada di antara teman-teman hebat. "Semoga tertular, amin.." dalam hatiku.

Hembusan angin sepoi-sepoi yang menyelinap teratur dari bibir jendela bahkan tak mampu menghentikan obrolan kami berdua. Aaahhh....rasanya semangat dalam diriku mulai bangkit kembali. Tiba-tiba, "Mbak...mbak yang namanya Rita, bukan?" tanya abang-abang dari pintu lobby. Mmmm...okee, ternyata makhluk berjaket hijau ini yang mampu menghentikan obrolan kami. "aku duluan ya..besok kita lanjut lagi" Rita beranjak pamit sambil menepuk bahuku. 

Dan di waktu yang hampir bersamaan, abang ojek yang kali ini berjaket kuning pun datang menjemputku..


- Secuil balasan buat Pak Santo dan teman-teman Leguneral-



Lampung, 03-03-22


Komentar

  1. Ckakakaaaaakk ... langsung saja tawa ngakak ala Orang Ngapak keluar. Makasih, makasih, sudah meramaikan Lagerunal.

    BalasHapus
  2. Hahaha...akhirnya balasan buat PakD dan kawan kawan, kelar juga.. positive vibes banget SMA Leguneral ini..

    BalasHapus
  3. Wahhhh wahhh... SMA Lagerunal yaaa..
    Putih Abu-abu donk...
    Semakin seru Lagerunal dengan kehadiran Ms Nana...

    BalasHapus
  4. Wiih.. keren n kreatif ide menulisnya..

    BalasHapus
  5. Makin semangat menulis, karena ada ibu dan Bapak yg penuh energi positif. Nuhun..

    BalasHapus
  6. Babak baru d SMA Lagerunal
    Mantaaap...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktik Baik : Payung Anti Tempias

 Praktik Baik : Payung Anti Tempias Sebuah praktik baik yang telah diterapkan pada pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang digunakan sudah tentu model yang mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Ya, Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM (Science Technology Engineering Mathematics) menjadi pilihan yang tepat. Pada kegiatan pembelajaran ini, guru memberikan fenomena yang terjadi akhir-akhir ini. Fenomena tersebut adalah perubahan cuaca yang tidak menentu, terkadang panas terkadang hujan. Ssehingga siswa ditantang untuk membuat prototipe sebuah payung dengan menerapkan konsep segitiga dan lingkaran. Dengan menggunakan pendekatan STEM, siswa akan melakukan tahap-tahap Engineering Design Process. Hasil yang dicapai dari pembelajaran ini adalah pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna karena dari siswa untuk siswa, siswa mampu berpikir kritis dan logis.  Lesson Plan dapat diperoleh di link berikut:  https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/

Tangguh

Siapa yang tidak tahu dengan lagu yang satu ini? Lagu ini bisa dijadikan sebagai salah satu pembakar semangat di saat kita sedang berada di titik nol. ' Manusia Kuat ', judul lagu ini. Lagu yang dinyanyikan oleh Tulus telah berhasil menjadi lagu terfavorit saya di sepanjang tahun 2020-2022. Pura-pura tangguh bisa diartikan sebagai kondisi seseorang yang sebenarnya tidak kuat atau tidak tangguh atau tidak berani terhadap suatu kondisi yang dihadapinya. Pura-pura tangguh adalah suatu kondisi yang dilakukan seseorang untuk menutupi kondisi sebenarnya dengan maksud tertentu. Pernah menemukan seseorang dengan kepura-puraan ini? Atau mungkin Anda pernah melakukan ini?  Menjadi manusia yang berani, kuat, dan tangguh adalah dambaan semua orang. Bukan hal yang mudah,  namun kita bisa menjadikan diri kita untuk menjadi manusia tangguh. Untuk mengenali apakah kita termasuk ke dalam manusia tangguh atau tidak, dapat dilihat dari seberapa mampu kita menghadapi masalah dalam hidup kita. Dari