Langsung ke konten utama

Kok kita bisa lupa sih ?

Hai sobat, pernah dengar dong kalimat "Melawan Lupa". Sobat tau nggak nih, apa sih sebenarnya lupa? dan mengapa kita bisa lupa ? Apa aja sih penyebab lupa itu ?

Lupa itu merupakan suatu keadaan dimana seseorang kehilangan ingatan dalam jangka pendek atau kehilangan kemampuan untuk menyebutkan kembali atau memunculkan apapun yang sudah dipelajari. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa secara sederhana, lupa merupakan hilangnya kemampuan mengungkapkan kembali informasi yang telah diterima. 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Jaap M.J. Murre seorang ahli Theoritical Neuropsychology menyatakan bahwa terdapat sekitar 56% informasi yang ada di dalam otak manusia dapat dilupakan dalam satu jam, terdapat 66% dapat dilupakan setelah satu hari, dan terdapat 75% dapat dilupakan setelah enam hari.

Apa  sih yang menyebabkan kita lupa? mmm... mungkin disebabkan karena informasi tidak disimpan dengan baik. Nah

dok. glints.com

, biar lebih jelas kita simak yuk.

Dikutip dari https://www.alodokter.com/ , terdapat beberapa alasan yan membuat kita melupakan banyak hal, antara lain:

1. Kurang tidur.

Nah..nah...siapa nih diantara sobat yang hobby nya tidur malam atau yang menegidap insomnia? Wah...perlu waspada nih, karena ini adalah penyebab kurangnya daya konsentrasi loh.. dan perubahan mood juga tidak stabil. hati-hati ya guys.

2. Konsumsi beberapa jenis obat.

Bagi sobat yang demen ngonsumsi obat-obatan jenis seperti antidepresan seperti paroxetine dan amitryptiline, juga obat-obatan antihistamin seperti cimetidinebrompheniramine, atau chlorpheniramine, dapat memengaruhi daya ingat. Sehingga sobat perlu konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat pengganti.

3. Gangguan emosi


                                                        dok. linisehat.com

Ganggunan emosi seperti sering cemas, mudah panik, depresi atau stress dapat membuat kita sulit menerima informasi, karena faktor ini kaitannya dengan gangguan tidur, yang mengakibatkan parahnya gangguan emosi.

4. Kondisi medis tertentu

Jika seseorang mengalami kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan medis, seperti sakit tumor dan infeksi otak, penyumbatan pembuluh darah, ganggunan pada hati ataupun ginjal, gangguan kelenjar tiroid, serta cedera kepala, dapat menyebabkan seseorang mengalami dalam menerima, menyimpan dan mengolah informasi.

5. Mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak

Kebiasaan ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan kita, karena Alkohol dapat mempengaruhi ingatan jangka pendek. Efek ini dapat terus ada bahkan setelah efek alkoholnya hilang. Itu mengapa, orang sering lupa apa yang dilakukannya ketika sedang tidak sadarkan diri atau mabuk.

6. Kekurangan Vitamin B12

Wah, ternyata kekurangan vitamin B12 juga bisa menjadi penyebab sering lupa loh sobat.. karena vitamin ini berperan penting dalam menjaga sel saraf, termasuk yang berada di otak. Dan kondisi seperti ini menyebabkan berkurangnya kemampuan atau daya ingat seseorang. Bahkan, kekurangan vitamin B12 yang berat dapat menyebabkan amnesia. 

Nah, Sobat... apabila kita mengalami gejala suka lupa, harus kenali sejak dini ya. Konsultasikan segera, jika gejala tersebut dirasa semakin parah.

Mari sobat, kita terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan serta mencegah timbulnya berbagai penyakit.



by. Ms. Nana


Sumber. Alodokter.com 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktik Baik : Payung Anti Tempias

 Praktik Baik : Payung Anti Tempias Sebuah praktik baik yang telah diterapkan pada pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang digunakan sudah tentu model yang mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Ya, Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM (Science Technology Engineering Mathematics) menjadi pilihan yang tepat. Pada kegiatan pembelajaran ini, guru memberikan fenomena yang terjadi akhir-akhir ini. Fenomena tersebut adalah perubahan cuaca yang tidak menentu, terkadang panas terkadang hujan. Ssehingga siswa ditantang untuk membuat prototipe sebuah payung dengan menerapkan konsep segitiga dan lingkaran. Dengan menggunakan pendekatan STEM, siswa akan melakukan tahap-tahap Engineering Design Process. Hasil yang dicapai dari pembelajaran ini adalah pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna karena dari siswa untuk siswa, siswa mampu berpikir kritis dan logis.  Lesson Plan dapat diperoleh di link berikut:  https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/

Curhatan Anak Baru

Aku si anak baru "Namanya mirip-mirip kayak orang yang lahir di Jawa aja, Susanto. Aku panggil Santo aja ah" dalam hatiku sambil melihat si Santo yang baru aja masuk kelas dari kantin bakso. "Hufff.... baru aja jadi anak baru, eh udah dikerjain", gumamku sambil tarik nafas dalam-dalam. Eh, memangnya siapa yang anak baru?? aku loh bukan Santo yang sok kenal itu. Tapi lucu juga sih...niat hati ngerjain aku, eh dia yang kena jebakannya sendiri. Emang enak ?? hahaha... Untung ada si Nungky, temen baru, penyelamatku yang saat itu mengingatkanku untuk segera masuk kelas.  Ahay... Tuhan memang selalu baik sama orang baik, seperti aku (dalam hati), mungkin Tuhan menggumam, "PD amat kamu ini Na".  Perkenalkan, namaku Setiana. Kali ini adalah perkenalan yang sukses dengan teman-teman baruku. Memangnya kenapa?? Karena tidak ada yang menambahkan nama ku dengan awalan Mas. Biasanya, setiap kali aku memperkenalkan diri pasti banyak yang terkejut karena ternyata si empun

Tangguh

Siapa yang tidak tahu dengan lagu yang satu ini? Lagu ini bisa dijadikan sebagai salah satu pembakar semangat di saat kita sedang berada di titik nol. ' Manusia Kuat ', judul lagu ini. Lagu yang dinyanyikan oleh Tulus telah berhasil menjadi lagu terfavorit saya di sepanjang tahun 2020-2022. Pura-pura tangguh bisa diartikan sebagai kondisi seseorang yang sebenarnya tidak kuat atau tidak tangguh atau tidak berani terhadap suatu kondisi yang dihadapinya. Pura-pura tangguh adalah suatu kondisi yang dilakukan seseorang untuk menutupi kondisi sebenarnya dengan maksud tertentu. Pernah menemukan seseorang dengan kepura-puraan ini? Atau mungkin Anda pernah melakukan ini?  Menjadi manusia yang berani, kuat, dan tangguh adalah dambaan semua orang. Bukan hal yang mudah,  namun kita bisa menjadikan diri kita untuk menjadi manusia tangguh. Untuk mengenali apakah kita termasuk ke dalam manusia tangguh atau tidak, dapat dilihat dari seberapa mampu kita menghadapi masalah dalam hidup kita. Dari