Langsung ke konten utama

Tangguh

Siapa yang tidak tahu dengan lagu yang satu ini? Lagu ini bisa dijadikan sebagai salah satu pembakar semangat di saat kita sedang berada di titik nol. 'Manusia Kuat', judul lagu ini. Lagu yang dinyanyikan oleh Tulus telah berhasil menjadi lagu terfavorit saya di sepanjang tahun 2020-2022.


Pura-pura tangguh bisa diartikan sebagai kondisi seseorang yang sebenarnya tidak kuat atau tidak tangguh atau tidak berani terhadap suatu kondisi yang dihadapinya. Pura-pura tangguh adalah suatu kondisi yang dilakukan seseorang untuk menutupi kondisi sebenarnya dengan maksud tertentu. Pernah menemukan seseorang dengan kepura-puraan ini? Atau mungkin Anda pernah melakukan ini? 

Menjadi manusia yang berani, kuat, dan tangguh adalah dambaan semua orang. Bukan hal yang mudah,  namun kita bisa menjadikan diri kita untuk menjadi manusia tangguh. Untuk mengenali apakah kita termasuk ke dalam manusia tangguh atau tidak, dapat dilihat dari seberapa mampu kita menghadapi masalah dalam hidup kita. Dari masalah sederhana maupun masalah yang paling berat yang kita hadapi. Bagaimana cara kita mengatasi masalah tersebut. Secara tidak langsung masalah-masalah yang kita hadapi dapat menempa kita menjadi manusia yang lebih dewasa, bijak, dan mampu merubah cara pandang kita. 

Cara manusia menghadapi dan mengatasi masalah pun berbeda-beda. Tidak sedikit orang menganggap bahwa masalah adalah suatu musibah. Tidak sedikit pula yang menganggap bahwa masalah sebagai proses pendewasaan dan pembelajaran untuk menjadi manusia tangguh. Mana yang betul, tergantung dari sudut pandang orang yang punya masalah. Mmm...apapun tanggapan tentang masalah, yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyelesaikannya dengan baik.

Manusia tangguh, julukan ini bukan berarti hanya untuk orang yang selalu berhasil menemukan solusi dari permasalahannya. Terkadang banyak juga orang yang tangguh tetapi tidak menemukan solusi yang tepat. Semua ini bergantung bagaimana cara kita menghadapi dengan tenang di setiap masalah yang kita hadapi. Meskipun gagal, jatuh dan jatuh lagi namun tidak pernah putus asa, berani berdiri tegap kembali, mencoba lagi dan lagi, kemudian tawakal kepada Tuhan.  

Ingin menjadi manusia tangguh?

Lakukan yang terbaik apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab kita. Hadapi setiap permasalahan dengan berani dan bijak. Berproseslah...dan pasrahkan hasilnya pada Tuhan. Ini resepnya. It's very simple, but have to struggle to implement it. 


Lampung, 070222

Komentar

  1. Semoag kita teemasuk orang yang tangguh dalam kondisi apa pun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Bu Ros.. terima kasih energi positif yang ditularkan Bu..

      Hapus
  2. Ingin menjadi manusia tangguh? Ingin!

    BalasHapus
  3. Tulisannya sama dengan buku yang sedang saya baca...
    Semoga besok bisa saya Pantun Bale kan....

    BalasHapus
  4. Tangguh kayak mesin mobil saja, tetapi memang bener sih, manusia tangguh itu kuat di segala medan! Haha...

    BalasHapus
  5. Setuju sekali. Guru harus menjadi manusia tangguh.

    BalasHapus
  6. Memang, lagu penuh makna. Punya kekuatan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktik Baik : Payung Anti Tempias

 Praktik Baik : Payung Anti Tempias Sebuah praktik baik yang telah diterapkan pada pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang digunakan sudah tentu model yang mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Ya, Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM (Science Technology Engineering Mathematics) menjadi pilihan yang tepat. Pada kegiatan pembelajaran ini, guru memberikan fenomena yang terjadi akhir-akhir ini. Fenomena tersebut adalah perubahan cuaca yang tidak menentu, terkadang panas terkadang hujan. Ssehingga siswa ditantang untuk membuat prototipe sebuah payung dengan menerapkan konsep segitiga dan lingkaran. Dengan menggunakan pendekatan STEM, siswa akan melakukan tahap-tahap Engineering Design Process. Hasil yang dicapai dari pembelajaran ini adalah pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna karena dari siswa untuk siswa, siswa mampu berpikir kritis dan logis.  Lesson Plan dapat diperoleh di link berikut:  https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/

Curhatan Anak Baru

Aku si anak baru "Namanya mirip-mirip kayak orang yang lahir di Jawa aja, Susanto. Aku panggil Santo aja ah" dalam hatiku sambil melihat si Santo yang baru aja masuk kelas dari kantin bakso. "Hufff.... baru aja jadi anak baru, eh udah dikerjain", gumamku sambil tarik nafas dalam-dalam. Eh, memangnya siapa yang anak baru?? aku loh bukan Santo yang sok kenal itu. Tapi lucu juga sih...niat hati ngerjain aku, eh dia yang kena jebakannya sendiri. Emang enak ?? hahaha... Untung ada si Nungky, temen baru, penyelamatku yang saat itu mengingatkanku untuk segera masuk kelas.  Ahay... Tuhan memang selalu baik sama orang baik, seperti aku (dalam hati), mungkin Tuhan menggumam, "PD amat kamu ini Na".  Perkenalkan, namaku Setiana. Kali ini adalah perkenalan yang sukses dengan teman-teman baruku. Memangnya kenapa?? Karena tidak ada yang menambahkan nama ku dengan awalan Mas. Biasanya, setiap kali aku memperkenalkan diri pasti banyak yang terkejut karena ternyata si empun