Langsung ke konten utama

Imajinasi menjadi Nyata hanya dengan Blockbench

             MENGUBAH IMAJINASI MENJADI KENYATAAN DENGAN BLOCKBENCH.

(Sebuah praktik baik yang telah diimplementasikan pada peserta didik kelas 7 SMP Darma Bangsa)

 

Banyak jalan menuju roma. Peribahasa yang tepat untuk menggambarkan keadaan pendidik saat ini. Pasca pandemi covid 19 membuka mata para rekan-rekan guru di Indonesia, bahwa jaman tidak melulu sama. Jaman akan selalu berubah, yang memberikan dampak terhadap perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih. Banyak cara bagi para pendidik untuk terus berinovasi tiada henti.

Inilah tantangan yang dihadapi pendidik, dan harus menjadi PR untuk terus memperbarui diri terus berkembang menjadi guru inovatif. Banyak teknologi yang ditawarkan untuk membantu pendidik dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Namun tidak semua teknologi dapat digunakan, pendidik harus memilahnya sesuai dengan kondisi satuan Pendidikan dan kebutuhan siswa. Perlu diingat bahwa, secanggih apapun teknologi yang kita gunakan dalam suatu pembelajaran, tidak aka nada artinya jika interaksi antara guru dan siswa tidak tercipta dengan baik.

Saya Setiana atau biasa dipanggil dengan Miss Nana sebagai Sahabat Teknologi Lampung 2023 akan berbagi praktik baik. Praktik baik ini telah saya implementasikan pada kegiatan belajar bersama peserta didik kelas 7. Selain telah diimplementasikan, praktik baik ini juga telah didiseminasikan kepada rekan-rekan guru di sekolah dan komunitas MGMP. Pada sesi ini saya akan membagikan pengalaman praktik baik saya mengenai “Mengubah Imajinasi menjadi Kenyataan Bersama Aplikasi Blockbench”

Dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM (Science Technologi Engineering Mathematics), saya sangat senang sekali karena alasan saya menggunakan model ini ternyata dapat mencapai tujuan yang saya harapkan pada peserta didik. Ingin tau lebih jelasnya? Silahkan simak informasi di bawah ini.

PjBL STEM merupakan model pembelajaran multidisipliner. Model PjBL merupakan model pembelajaran konstruktivis dan kolaboratif yang didalamnya terdapat proses pembelajaran berpusat pada siswa yang memungkinkan  siswa menemukan solusi bersama-sama  masalah dan belajar menciptakan pengetahuan dan pemahaman Bersama.

PjBL mencakup pengetahuan dan keterampilan siswa, dengan demikian pembelajaran ini sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar, kinerja dan respon siswa untuk belajar STEM merupakan  model pembelajaran yang melibatkan setiap siswa menggunakan empat disiplin ilmu yang meliputi sains, teknologi, teknik dan matematika secara nyata yang menghubungkan sekolah, dunia kerja dan dunia global. Setiap aspek pembelajaran STEM sangat membantu penyelesaian pembelajaran siswa melalui tahap-tahap EDP atau Engineering Design Process.

Adapun penerapan PjBL STEM diterapkan di pembelajaran matematika dengan tema Parasut untuk Derah Terisolir karena Bencana Gempa. Permasalahan ini didasarkan pada kejadian yang menimpa Daerah Mamuju Sulawesi Barat yang terkena Bencana Gempa pada tahun 2018. Dengan mengintegrasikan 5 sintaks dalam PjBL dan 5 tahap EDP pada STEM maka model pembelajaran ini sangat efektif menciptakan pembelajaran menyenangkan, bermakna, dan peserta didik mampu berpikir kritis dan logis. Berikut tabel integrasi PjBL dan STEM:


Tabel 1. Tabel PjBL Terintegrasi STEM

Kolaborasi dalam pendekatan ini sangat penting, siswa dan guru saling bekerja sama membentuk kerangka proses pemecahan masalah. Kerangka pedagogi STEM tetap ada membentuk struktur sistem  disiplin ilmu STEM, dimana komponen-komponennya saling berhubungan dan berinteraksi.



Penggunaan media blockbench pada pembelajaran ini adalah sebagai media untuk membuat desain produknya. Mengapa memilih blockbench? Blockbench merupakan aplikasi digital unutk membuat desain 3D. Aplikasi ini dapat diakses secara online (free) maupun dapat diinstal. Bagi peserta didik yang hobby membuat maincraft dan bermain game pasti tidak asing dengan aplikasi ini. Berikut penggunaan aplikasi blockbench untuk mendesain parasut: https://web.blockbench.net


Penjelasan mengenai proses kegiatannya dapat dilihat pada link berikut ini https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/201543 .

Dan untuk video pembelajaran dapat dilihat pada link berikut ini: https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/359087 . 

     Dari pengalaman praktik baik ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran PjBL terintegrasi STEM dapat meningkatkan motivasi dalam belajar siswa dalam belajar. Selain itu, terdapat bukti signifikan mengenai penggunaan pendekatan STEM, yaitu tingkat pengetahuan ilmu pengetahuan alam dan matematika dapat melebihi standar yang diberikan. Sedangkan Untuk meningkatkan kendali atas pembelajaran, guru juga harus mengajari siswa tentang pentingnya pembelajaran meningkatkan soft skill karena keterampilan kerja dimulai dari keterampilan pribadi yang berkaitan erat kaitannya dengan dimensi soft skill. Oleh karena itu, integrasi model PjBL dan STEM sangatlah penting Dipersiapkan dengan baik. Dimulai dengan menggunakan strategi belajar pada setiap mata pelajaran yang diambil langkah-langkah evaluasi yang dirancang dan diterapkan dengan baik harus dipilih secara cermat Pendidikan interdisipliner diharapkan dapat diterapkan dengan baik pada pendidikan menengah.


- Ms. Nana -

Sahabat Teknologi Lampung 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktik Baik : Payung Anti Tempias

 Praktik Baik : Payung Anti Tempias Sebuah praktik baik yang telah diterapkan pada pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang digunakan sudah tentu model yang mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Ya, Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM (Science Technology Engineering Mathematics) menjadi pilihan yang tepat. Pada kegiatan pembelajaran ini, guru memberikan fenomena yang terjadi akhir-akhir ini. Fenomena tersebut adalah perubahan cuaca yang tidak menentu, terkadang panas terkadang hujan. Ssehingga siswa ditantang untuk membuat prototipe sebuah payung dengan menerapkan konsep segitiga dan lingkaran. Dengan menggunakan pendekatan STEM, siswa akan melakukan tahap-tahap Engineering Design Process. Hasil yang dicapai dari pembelajaran ini adalah pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna karena dari siswa untuk siswa, siswa mampu berpikir kritis dan logis.  Lesson Plan dapat diperoleh di link berikut:  https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/

Curhatan Anak Baru

Aku si anak baru "Namanya mirip-mirip kayak orang yang lahir di Jawa aja, Susanto. Aku panggil Santo aja ah" dalam hatiku sambil melihat si Santo yang baru aja masuk kelas dari kantin bakso. "Hufff.... baru aja jadi anak baru, eh udah dikerjain", gumamku sambil tarik nafas dalam-dalam. Eh, memangnya siapa yang anak baru?? aku loh bukan Santo yang sok kenal itu. Tapi lucu juga sih...niat hati ngerjain aku, eh dia yang kena jebakannya sendiri. Emang enak ?? hahaha... Untung ada si Nungky, temen baru, penyelamatku yang saat itu mengingatkanku untuk segera masuk kelas.  Ahay... Tuhan memang selalu baik sama orang baik, seperti aku (dalam hati), mungkin Tuhan menggumam, "PD amat kamu ini Na".  Perkenalkan, namaku Setiana. Kali ini adalah perkenalan yang sukses dengan teman-teman baruku. Memangnya kenapa?? Karena tidak ada yang menambahkan nama ku dengan awalan Mas. Biasanya, setiap kali aku memperkenalkan diri pasti banyak yang terkejut karena ternyata si empun

Tangguh

Siapa yang tidak tahu dengan lagu yang satu ini? Lagu ini bisa dijadikan sebagai salah satu pembakar semangat di saat kita sedang berada di titik nol. ' Manusia Kuat ', judul lagu ini. Lagu yang dinyanyikan oleh Tulus telah berhasil menjadi lagu terfavorit saya di sepanjang tahun 2020-2022. Pura-pura tangguh bisa diartikan sebagai kondisi seseorang yang sebenarnya tidak kuat atau tidak tangguh atau tidak berani terhadap suatu kondisi yang dihadapinya. Pura-pura tangguh adalah suatu kondisi yang dilakukan seseorang untuk menutupi kondisi sebenarnya dengan maksud tertentu. Pernah menemukan seseorang dengan kepura-puraan ini? Atau mungkin Anda pernah melakukan ini?  Menjadi manusia yang berani, kuat, dan tangguh adalah dambaan semua orang. Bukan hal yang mudah,  namun kita bisa menjadikan diri kita untuk menjadi manusia tangguh. Untuk mengenali apakah kita termasuk ke dalam manusia tangguh atau tidak, dapat dilihat dari seberapa mampu kita menghadapi masalah dalam hidup kita. Dari